Sekilas Tentang Web Hosting




Hosting adalah ruang atau tempat yang digunakan sebagai penyimpan file di internet. File yang disimpan dapat berupa file dokumen, gambar, video, audio, data terkompresi, dan lain-lain. Menurut Wikipedia Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet.

Server Hosting adalah sebuah komputer yang terhubung dengan internet dan mampu beroperasi 24jam setiap hari tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.
Dalam membuat website, file website harus diletakkan pada hosting agar web tersebut dapat diakses melalui internet. Selain hosting, kita membutuhkan domain sebagai alamat utama website. Domain ini harus dihubungkan ke hosting, sehingga ketika nama domain kita akses melalui browser, file website yang ada di hosting dapat ditampilkan. Sebenarnya, hosting juga sudah mempunyai alamat di internet dengan alamat IP. Penggunaan alamat domain diperlukan untuk membantu mempermudah manusia dalam mengingat. Bayangkan jika semua manusia mempunyai nama seperti alamat IP – dengan penomoran – hal ini akan sangat sulit di ingat bukan..?
Dalam membuat website, mengapa diperlukan web hosting?
Web hosting digunakan untuk menyimpan file di internet agar web kita dapat diakses oleh orang banyak. Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan. Ilustrasi berikut dapat menjelaskan tentang perlunya hosting untuk website terutama berhubungan dengan bisnis, sosial dan penyebaran informasi yang cepat.
Indonesia dengan lebih dari 200 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Contoh berikutnya, seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site. Hal ini sangat bermanfaat untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi terbaru dengan mudah selain juga bisa melatih mahasiswa pada umumnya dan diri sendiri pada khususnya untuk mengerti dan mengetahui bahwa ilmu pengetahuan selalu berkembang setiap saat.
Singkatnya, jika anda telah dapat membuat desain yang dapat dibaca browser maka anda dapat meng-upload file tersebut ke hosting agar dapat diakses oleh banyak orang melalui internet.
Bagaimana Cara menyewa hosting?
ANda dapat menyewa hosting ke perusahaan layanan domain hosting berbayar atau gratis. ANda bisa mencari layanan tersebut melalui search engine seperti Google atau Bing. Untuk hosting gratisan, saya promosikan layanan hosting yang saya kelola idhostinger
Salah satu teknologi server hosting yang handal dan harus digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer jika mengalami kerusakan.
Bagaimana jika ingin mengelola server hosting sendiri?
Secara sederhana, yang diperlukan adalah komputer server yang terhubung dengan internet dan mempunyai alamat IP publik. Alamat IP publik ini sangat penting, karena tanpa IP publik, server tersebut tidak dapat diakses melalui internet. Komputer server ini, harus diinstal sistem operasi dan aplikasi-aplikasi server seperti web server, database server, file server dan mail server.
Jika anda ingin mencoba membuat server web secara offline, anda dapat menggunakan aplikasi server lengkap yang disebut XAMPP. ANda dapat men-download melalui website resmi apachefriends.org untuk mendapatkan versi terbaru yang telah dirilis saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar